Translate

Jumat, 25 Maret 2011

Profil negara argentina


Argentina membentang 4.000 km dari sub-tropis utara ke selatan di kutub selatan-sub.
Tanahnya termasuk bagian dari pegunungan Andes, rawa-rawa, dataran dari Pampas dan garis pantai yang panjang. Orang harus berjuang dengan kediktatoran militer, perang kehilangan lebih dari Kepulauan Falkland, dan kesulitan ekonomi yang parah.

Ikhtisar

    Argentina kaya akan sumber daya, memiliki tenaga kerja terdidik dan merupakan salah satu ekonomi terbesar di Amerika Selatan. Tapi juga menjadi mangsa ledakan dan siklus bust.
    Sebuah resesi dalam meramalkan keruntuhan ekonomi tahun 2001. Hal ini menyebabkan lebih dari setengah penduduk yang hidup dalam kemiskinan dan memicu kerusuhan. Negara ini berjuang dengan default utang merekam dan devaluasi mata uang.
    AT-A-GLANCE AT-A-SEKILAS
    Bangunan pemerintah di jantung luas Buenos Aires
    Politik: Presiden Cristina Fernandez adalah istri mantan presiden Nestor Kirchner
    Ekonomi: Perekonomian telah kembali pulih setelah memukul bawah batu pada tahun 2001, namun kemiskinan tetap suatu tantangan  Internasional: Baris atas pabrik kertas Uruguay sours hubungan bertetangga; Argentina mengklaim kedaulatan atas Falklands, sebuah wilayah luar negeri Inggris
    Pada tahun 2003 pemulihan sedang berlangsung, dan Dana Moneter Internasional (IMF) menyetujui pinjaman baru yang vital. Sejak itu, Argentina telah merestrukturisasi utang besar-besaran, penawaran kreditur obligasi baru untuk yang gagal, dan telah melunasi utangnya kepada IMF. Tetapi dengan penuh kemiskinan dan pengangguran yang tinggi, Argentina masih banyak menunggu manfaat dari kemajuan ekonomi.. Argentina tetap terkunci dalam perselisihan teritorial dengan Inggris atas Kepulauan Falklands, yang diatur sebagai sebuah wilayah luar negeri Inggris, tetapi telah diklaim oleh Buenos Aires sejak tahun 1830-an.
    Masalah ini menyebabkan perang pada tahun 1982, ketika pulau jatuh ke invasi diluncurkan oleh junta militer Argentina, namun kembali ditaklukkan oleh Inggris dalam konflik yang menyebabkan ratusan kematian di kedua belah pihak.
    Kekalahan ini menyebabkan jatuhnya kediktatoran militer, tetapi warisan junta masih merupakan luka terbuka. Puluhan ribu orang tewas dalam "perang kotor" tujuh tahun. Mayat korban penculikan banyak - dikenal sebagai "menghilang" - belum pernah ditemukan.
    Amnesti yang melindungi anggota junta dari tuntutan mantan telah dicabut dan legalitas dari pengampunan yang diberikan kepada para pemimpin militer di tahun 1980-an dan 1990-an sedang dipertanyakan.

    Fakta

    • Nama lengkap: Republik Argentina
    • Penduduk: 40,6 juta (PBB, 2010)
    • Capital: Buenos Aires
    • Area: 2,8 juta sq km (1,1 juta mil persegi)
    • Mayor Bahasa: Spanyol
    • Mayor agama: Kristen
    • Harapan Hidup: 72 tahun (pria), 80 tahun (wanita) (PBB)
    • Unit Moneter: 1 peso = 100 centavos
    • Ekspor utama: Makanan dan Hewan hidup , bahan bakar mineral, sereal, mesin
    • Impor Utama : mesin, minyak bumi dan gas alam, plastik dan bahan kimia organik
    • GNI per kapita: US $ 12,070 (World Bank, 2010)
    • Internet domain:. Ar
    • Kode panggilan internasional: +54

    Pemimpin

      Presiden: Cristina Fernandez
      Cristina Fernandez menyapu kemenangan dalam putaran pertama pemilihan presiden Argentina pada bulan Oktober 2007 - sebuah kemenangan yang banyak dikaitkan dengan popularitas suaminya, Presiden Nestor Kirchner lalu.
      Presiden Fernandez
      Ms Fernandez adalah wanita pertama yang terpilih sebagai presiden Argentina
      Dia berjuang kampanye pemilu sebagian besar pada catatan Mr Kirchner's untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran di tengah krisis ekonomi 2001-2002 - salah satu krisis terburuk negara yang pernah dialami.
      Sebagai mahasiswa hukum di tahun 1970-an ia aktif dalam gerakan Peronis kiri, kemudian menjadi pertama provinsi dan kemudian wakil nasional.
      Dia mendukung suaminya - yang dia bertemu di universitas pada tahun 1975 - ketika ia naik melalui pangkat Peronis, dan pada tahun 1995 menjadi senator sendiri.
      Setelah Mr Kirchner terpilih sebagai presiden pada tahun 2003, dia penasihat kepala, dan ia juga memainkan peran penting dalam kepemimpinannya. Salah satu pekerjaan pertamanya adalah untuk membantu dengan negosiasi untuk membebaskan sandera yang dimiliki oleh gerilyawan di hutan Kolombia.
      Pasangan yang dijuluki "Clinton dari Selatan", dan Ibu Fernandez didorong perbandingan dengan mengacu pada kesamaan antara dirinya dan Hillary Clinton selama kampanye pemilihan dirinya.
      Mereka mengalami kemunduran dalam pemilu legislatif tahun 2009, ketika partai Peronis mereka kehilangan kendali atas kedua majelis Kongres dan Bapak Kirchner dipukul di tawaran tinggi-tinggi-profil untuk kursi di provinsi Buenos Aires, sebuah kubu Peronis.
      Mr Kirchner meninggal pada Oktober 2010. Dia diharapkan untuk mencalonkan diri sebagai presiden lagi pada 2011.

      Media

      Argentina adalah salah satu pasar terkemuka Amerika Selatan media. Negara ini memiliki lebih dari 150 surat kabar harian, ratusan stasiun radio komersial, puluhan stasiun TV dan salah satu yang tertinggi di dunia mengambil-up tarif untuk TV kabel.
      Konglomerat media besar telah muncul. Public broadcasting plays a minor role. penyiaran publik memainkan peran kecil. Nasional utama free-to-air jaringan - Telefe, Amerika, Canal 9 dan Canal 13 - adalah milik pribadi.. Argentina pembaca antara konsumen paling rakus Amerika Latin koran. Clarin dan La Nacion adalah harian nasional terlaris. 
      Media kebebasan adalah dijamin oleh konstitusi. Namun, Reporters Without Borders dipertahankan pada tahun 2008 bahwa "serangan langsung pada media dan hambatan terhadap kebebasan pers ... tetap tinggi". Dikatakan mantan Presiden Nestor Kirchner telah menunjukkan "permusuhan besar" kepada media - dan terutama konservatif La Nacion harian - sementara di kantor.
      Pada Desember 2008, Argentina memiliki 16 juta pengguna internet, terdiri dari hampir 40% dari populasi (Internetworldstats.com) dan memberikan negara angka kedua-tertinggi surfer di benua itu, setelah Brasil.
      Pers
      Televisi
      Radio
      Berita lembaga

      0 komentar:

      Poskan Komentar

      Tolong beri komentar untuk membangun blog ini menjadi lebih baik lagi dan semakin bermanfaat. Terimakasih

       

      Popular Posts

      Popular Posts this month

      Popular Posts this week